kata-kata mutiara

Presiden Soekarno mengatakan :
"Jangan sekali-kali melupakan sejarah!"
"Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya"

Presiden John Fitzgerald Kennedy mengatakan :
"Jangan tanyakan apa yang negara ini berikan kepadamu tapi tanyakan apa yang telah kamu berikan kepada negaramu."

Kamis, 18 Agustus 2011

SEJARAH dan KEBUDAYAAN MA'ANYAN

SEJARAH dan KEBUDAYAAN MA'ANYAN merupakan judul buku yang ditulis oleh Sutopo Ukip, Djanang G. Bandan dan Martinus.
Buku ini ditulis tahun 1991, diwartakan ke Pengurus DUSMALA Jabodetabek beserta anggotanya namun tidak mendapatkan respon yang signifikan.
Dan buku ini tidak terpublikasikan secara resmi ke umum sampai sekarang.

Beberapa tulisan Sutopo Ukip :
1. Asal Mula Penyebutan Tamianglayang, di buku SEJARAH dan KEBUDAYAAN MA'ANYAN, 1991
2. Balai Adat Jadi Lambang Persaudaraan Orang Ma'anyan, Banjar dan Madagaskar, di surat kabar SUARA PEMBARUAN-Kamis, 12 September 1991
3. Orang Merina Madagaskar di Afrika berasal dari Suku Dayak atau Bugis.

Ketiga tulisan beliau dipublikasikan ulang di dalam blog ini (http://bahasamaanyan.blogspot.com) dan cukup mendapat respon dari pembacanya.


RIWAYAT SINGKAT PENULIS

Sutopo Ukip, terlahir dengan nama Tapa Ukip, lahir pada tanggal 20 Juli 1936 di desa Ja'ar, Kalimantan Tengah. Pendidikan yang diperoleh, Sekolah Rakyat di Tamiang Layang tahun 1949, Sekolah Teknik Negeri di Kediri Jawa Timur tahun 1954 dan Sekolah Teknik Menengah Negeri di Malang tahun 1956. Pendidikan Akademi Teknik Pekerjaan Umum Jurusan Arsitektur di Bandung tahun 1961, serta pernah mengikuti pendidikan Lintas-Jalur jurusan Teknik Sipil di Universitas Diponegoro tahun 1982 di Semarang. Sekarang Pensiunan Pegawai Negeri Sipil Kantor Wilayah Departemen Pekerjaan Umum Daerah Khusus Ibukota Jakarta Raya pada tahun 1988 dan pernah menerima Piagam Satya Karya 20 tahun, 25 tahun, 30 tahun dan Satyalancana Karya Satya Kelas III dari Pemerintah. Pernah menjadi ketua Kesenian Sanggar Nansarunai di Anjungan Paviliun Propinsi Kalimantan Tengah Taman Mini Indonesia Indah dari tahun 1986-1990, juga pernah mengikuti Seminar dari berbagai disiplin ilmu.

Djanang G. Bandan, lahir pada tanggal 24 April 1958, di Tamiang Layang. Pendidikan yang pernah diperoleh, Sekolah Dasar Negeri, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas pada tahun 1972, 1975 dan 1979 di Tamiang Layang. Lulus sarjana dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lambung Mangkurat di Banjarmasin pada tahun 1985, jurusan Pemerintahan. Juga pernah mengikuti seminar diberbagai disiplin ilmu serta menulis artikel diberbagai surat kabar harian.

Martinus, lahir pada tanggal 4 Nopember 1949 di daerah Tamiang Layang. Pendidikan yang diperoleh Sekolah Dasar Negeri, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas pada tahun 1963, 1966 dan 1969. Pernah kuliah di Sekolah Thelogia Jakarta pada tahun 1970 dan sekarang Karyawan Swasta di Jakarta.

Demikianlah penulis blog menyampaikan informasi ini kepada pembaca setia.






Tidak ada komentar: